Senin, 28 Agustus 2023

Ruang Lingkup Pemasaran

 1) Definisi pemasaran menurut para ahli

a. Kotler dan Armstrong (2012)

    Pemasaran diartikan sebagai proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan dengan pelanggan yang kuat untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalan.

b. Tjiptono

    Pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial di mana individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran segala sesuatu yang bernilai dengan orang atau kelompok lainnya.

c. Melydrum (2016) 

    Pemasaran adalah proses bisnis yang berusaha menyelaraskan antara sumber daya manusia finansial, dan fisik organisasi dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan dalam konteks strategi kompetitif.

Definisi pemasaran menurut saya : 

Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang dapat memuaskan keinginan konsumen untuk memperoleh keu

2) Jelaskan maksud dan nilai dalam pemasaran

Nilai (value) adalah konsep yang sangat populer dalam berbagai bidang ilmu. Dalam bidang ekonomi nilai dikenal sebagai utilitas (utility), yakni kegunaan produk bagi konsumen. Dalam pemasaran nilai dianggap sebagai alasan konsumen membeli produk (reasons to buy).

Perhatian terhadap nilai akhir-akhir ini semakin besar dalam pemasaran. Nilai  dianggap menjadi sumber utama keunggulan bersaing saat ini, bahkan menjadi kunci sukses  perusahaan untuk bertahan dalam jangka panjang (Khalifa, 2004; Kotler dan Keller, 2012). Perusahaan-perusahaan global saat ini, yang sudah berusia puluhan sampai ratusan tahun, seperti Nestle, Unilever, Coca Cola, Toyota dan lain-lain, dapat menjadi besar dan mampu bertahan dalam waktu yang demikian lama, adalah karena memberikan nilai bagi para pelanggannya.  Sebaliknya, merek-merek yang sebelumnya berjaya lalu hilang dari peredaran dapat dipercaya tidak memberikan nilai  yang tepat. Atau, sekalipun memberikan nilai, tetapi nilai tersebut lebih kecil dari nilai yang diberikan oleh pesaing.

Perusahaan-perusahaan bukan berbasis pemasaran pun semakin menyadari bahwa kunci keberhasilan mereka adalah memberikan nilai bagi pelanggan.

dok. sumber (https://www.bilsonsimamora.com/konsep-nilai-dalam-pemasaran/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PPDB SMK

SMK Al Munir adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki segudang prestasi. Tenaga pendidik terdiri dari guru - guru Profesional dengan k...